Kamis, 02 Februari 2012

MEMBICARAKAN KLEP

Kapan kita perlu mengecek klep motor kesayangan kita? Sebetulnya saat kita servicepun kita sudah sekalian dapat melihat kondisi klep-klep motor kita. Klep itu sepanjang kita memakai klep yang asli  dan pemakaian motor kita sehari-hari normal, umurnya panjang sekali seperti umur motor kita. Kecuali dalam keadaan tertentu, misalnya pemakaian oli palsu (secara tidak sengaja tentunya), atau pemakaian oli mesin yang speknya berbeda dengan motor, atau terlambat mengganti rantai mesin.

Biasanya kita seringkali mengabaikan suara berisik dari rantai mesin. Walau kadang motor sudah ribut sendirian saat berhenti di lampu merah, tek-tek-tek-tek. Sampai kadang orang banyak yang nengok, malah barangkali sampai ada yang sudah ingin pesan kolnya jangan banyak-banyak, disangka tukang Mie tek-tek. Ah sekedar suara berisik doangan menurut kita, nanti juga suara berisiknya ilang sendiri pada saat jalan. Tentu saja pada saat jalan kemudian, suara berisik tersebut hilang, karena tertutup oleh suara mesin. Apalagi kalau sobat memakai knalpot racing, saat berhentipun kita tidak tahu rantai mesinnya berisik atau tidak.

Kalau yang demikian dibiarkan, rantai mesin beresiko melompat dari cam sprocket. Akibatnya seher akan menonjok klep sehingga klep akan bengkok, karena gerak seher tidak sinkron lagi dengan gerakan klep. Maka mogoklah motor sobat, repot kan. Apalagi kalau kejadiannya di tengah perjalanan dan pada saat tanggung bulan pula atau saat sobat baru saja bayar kontrakan. Buset dah. Kalau sudah begitu, mengganti klep adalah satu-satunya solusi walau sobat tak punya uang sekalipun.

Demikian juga kalau saat dikendarai atau motor dihidupkan, gas motor tidak stabil atau turun naik, turun terus naik dan seterusnya. Yang begini patut dicurigai motor sobat bocor pada bagian klepnya, mengatasinya motor harus Top Overhole dan klepnya harus disekir ulang. Klep tidak perlu diganti, bisa memakai yang lama. tetapi kalau klep sudah bengkok, hendaklah diganti dengan yang baru.

Untuk mengganti klep, motor harus melakukan Top Overhole, yaitu membongkar mesin bagian kepalanya saja (Cylinder Head). Sobat harus menyediakan Paking A, valve set, rantai mesin dan oli mesinnya. Saya tidak akan menyarankan sobat sekalian untuk mengganti sendiri klep motor sobat yang bengkok tersebut, lebih baik dilakukan mekanik berpengalaman. Jangan lupa saat penggantian, mintalah mekanik untuk mengganti semua sil-sil yang ada, terutama sil klep yang kalau tidak diganti, bisa saja membuat motor ngebul karena oli mesin dari Cylinder Head tembus masuk ke ruang bakar.


Setelah semuanya selesai dipasang dengan benar, jangan lupa untuk perawatannya, lebih baik sobat memakai oli mesin yang direkomendasikan. Jangan terlalu encer atau terlalu kental. Kalau terlalu encer, gesekan mesin akan terlalu besar sehingga part-part mesin cepat aus. Sebaliknya kalau terlalu kental, oli mesin akan sulit mencapai bagian-bagian tertentu sehingga menyulitkan pelumasan di dalam mesin.

175 komentar:

  1. Mas, numpang tanya dikit:

    1. Motor saya Honda Revo 110. Klep bunyi (mbanting) itu terjadi karena apa, bagaimana solusinya? Waktu start saat mesin dingin agak susah (sering mati). Lalu ada bunyi kletek-kletek di mesin, katanya klep mbanting. Dulu sudah saya keluhkan di servis AHAS, tapi oleh mekaniknya dikatakan bukan soal klep, tapi soal oli yang belum masuk ke mesin. (Lha, saat mesin panas juga terdengar bunyi kletek-kletek yang cukup keras). Mohon pencerahannya, Mas.

    2. Mas, boleh kasi rekomendasi oli terbaik buat Honda Revo 110? Selama ini saya ikut saran AHASS dengan memakai oli mereka.

    3. Terima kasih banyak.
    Sensei Jo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejala oli mesin yang belum naik ke Cylinder Head (termasuk klep) biasanya adalah suara kasar pasa saat motor baru dihidupkan, suara kasar ini akan berkurang saat mesin sudah panas. Untuk mengecek oli naok atau tidak ke klep, caranya tidak sulit. Pertama-tama hidupkan motor dalam posisi standar tengah. Lalu buka tutup klep bagian atas (klep masuk). Gas dengan hati-hati. Bila terlihat oli muncrat dari dalamnya, berarti olinya naik. Gejala yang anda alami kemungkinan karena klep sudah aus. Untuk sementara coba untuk stel klep tanpa menggunakan puller. Untuk solusi finalnya sepertinya harus bongkar bagian cylinder head, dan periksa/ganti klep dan kompone yang berhubungan seperti camshaft dan rocker arm, ganti bila perlu.

      Untuk oli, saya sendiri lebih senang memakai Federal XX, karena lebih kental (20W) dari pada MPX 1 (10W)yang dipakai AHASS yang lebih cocok untuk motor yang lebih baru.

      Hapus
    2. Mas boleh nanya.
      Vega R koe baru service besar, setelah 1bulan daeri sekitar klep ada suara berisik dan kletek-kletek gitu, itu kenpa ya?

      Hapus
    3. Motor yang service besar biasanya sudah dilakukan penyetelan standar termasuk kerenggangan klep. Tetapi setelah beberapa lama dipakai, karena adanya penyesuaian pada masing-masing komponen yang baru dipasang, biasanya setelan standar ini berubah dan menjadi kasar. Maka perlu dilakukan penyetelan/service ulang. Biasanya suara kasar setelah service besar memang berasal dari setelan klep yang renggang. Sebaiknya dilakukan service rutin dan ganti oli. Terimakasih.

      Hapus
    4. Mau tanya..awalnya mio saya tidak ada suara bunyi aneh"..tapi kok setelah ganti seher baru(naik OS.) malah ada suara bunyi sik sik sik sik seperti bunyi klep mentok bibir seher mas..emng sih seher nya agak jenong pada dom nya..

      Hapus
  2. Permasalahan bunyi tek-tek-tek gitu juga melanda motor saya juga mas, Fit X 2007. awal saya makai motor ini aman-aman saja, tetapi memang saya termasuk bad rider yang suka nginjek gigi belakang separuh/ penuh sewaktu motor melaju kencang, sehingga motor seolah dalam kondisi netral & enteng sekali. tetapi kebiasaan itu berimbas pada motor saya yang tiba-tiba ngadat di jalan. saya tarik gas, bukannya semakin kencang malah semakin "ngeden" & ga bisa lari. pucuk solusi pun saya bawa mbengkel habis beratus-ratus ribu. & permasalahan bunyi tek-tek masih juga mengganggu. saya semakin sebal sama bengkel yg nyervis. mohon rekomendasi bengkel yang bagus & montir berpengalaman ya mas. di Jakarta susah banget nemu bengkel yang bener2 jujur, mengutamakan kualitas & professional, gak sekedar Meres kantong doang.. terimakasih sudah membaca komentar saya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sobat rapis mas, kondisi motor sobat sebaiknya diperiksa secara langsung di bengkel yang bagus. Saya punya rekomendasi bengkel yang bagus yaitu di Wahana Pusat di Jalan Gunung Sahari. Ini bengkel resmi Honda yang bagus dan sepengetahuan saya jujur. Alamatnya ada di Buku service sobat. Saya tahu kepala bengkelnya orang yang jujur. Lebih baik minta dicek dulu, jangan langsung service. Terimakasih.

      Hapus
    2. mas rapis itu akhirnya pada apa permasalahanya? terus ada suara tektek nya walau sudah d ganti? ketemu gak permasalahanya?

      Hapus
    3. Saya punya motor scorpio tahun 2003 bunyinya juga sangat berisik tik tik saya di sarankan ganti klep tensioner dan karet tensioner, semua sudah saya lakukan namun tetap saja tidak ada perubahan.
      Jika klep saya beri setelab in 0,5 dan out 0,10 mm baru suara hilang tpi low power
      Kira" apax ya sudah capek bawa ke bengkel sana sini gk ada yg bisa benangin amukan mesinx😁

      Hapus
  3. aku pernah juga stel klep ke dealer. Motor aku jupiter mx. Suaranya masih agak berisik,sedang stelan katanya udah cukup rapat.standarnya 10 dan 15 jadi 10 dan 12. hanya bertahan 2 minggu motor udah berisik lagi persis kaya stelan klep renggang,kata dealer klepnya udah aus.betul gitu yah?motor umurnya udah 3 thn. klo memang batang klep udh aus,bukannya dgn stel klep udh ga berisik(menurut logika aku).Minta masukannya harus gimana lagi...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba stel kelep mx nya pake ukuran 0,6 in, ex.. trus cek stelan rante kelep.. pastiin oli naik ke deksel, trus pastiin juga pengapian ideal... tidak kering /basah. karena pengaruh suhu mesin yg meningkat

      Hapus
  4. mau tanya dong mas,motor saya vega r 2005,kalo digas bukanya lari malah ngeden dulu ngga bertenaga kenapa yah mas. tolong solusinya,,,thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi pengguna vega r bila motor di tarik gas gk ada larinya hy suara dwngungan mesin biasanya di sebabkan kampas kopling manual atau bisa juga kampas ganda atau kampas maticnya bila lebih puasnya di ganti keduanya dgn spervad yg asli biar tahan lama juga rasa tarikan kpplingnya lebih lemnut. selamat mencoba

      Hapus
  5. bang mau nanya nih kalau mesin motor mati pas lagi jalan terus sebelum mati ada bunyi sreeekkkk (seperti rantai lepas) kira kira apa penyebabnya,,,,,
    motor saya honda beat 2008.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Viking Bovis DX mesin mati pas jalan mungkin cek busi terlebih dahulu(jelek ganti).Kalo bunyi sreeeekk..mungkin bisa dari sekitar bagian CVT nya bisa dari drive belt aus,roller udah aus juga bisa,salam blar blarr

      Hapus
  6. @viking...mesin mati juga bisa dari karbu kotor/setelan gak pas?filter kotor juga bisa?jangan sekali2 semprot fiter pake air gun/angin dari kompresor,gantilah secara periodik yaitu setiap 14rb km dst

    BalasHapus
  7. gan, liat komen di atas, ane jadi pengen curhat juga nich ...)
    tigi ane kok gasnya gak bisa stabil yach, pas posisi misalkan di lampu merah gt, kadang besar sndiri, kadang lsg juga mati... sampe distater juga susah banget..
    mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  8. solusi terbaik dan pasti kalau motor mesinya udah gak bisa halus alias kasar langsung aja jual dan beli motor baru, beres dah...:D

    BalasHapus
  9. Mas mau nanya saya punya tiger revo 2008 kadang ada suara ngejedak pas berhenti atau ketika starter pas masuk gigi suara ngejedak dari deket gigi starter atau magnet .. trus kalau posisi netral gas normal ga' brebet cuma pas masuk gigi kayak pengapian tekor dan bensin tekor mass mohon pencerahannya

    BalasHapus
  10. suara motor ngelitik dan di silinder blok banyak kotoran hitam beserta pasir, motor cepat panas (overheat) dan bau sangit, solusinya mas, monggo :)

    BalasHapus
  11. Mas mau nanya nih
    Motor sayakan jupiter mx 2006 saya pake cdi brt trus per klepnya saya ganti pake yg racing merk cld trus pake karbu rx king harga 300 rban
    Akhir" ini motor saya jadi susah langsam alias kalo gas udah dilepas tapi terkadang masi kaya ada pembakaran gitu jadinya masi jalan trus padahal skep udah mentok tapi kalo di geber baru tuh normal gasnya
    Kira" apa mas ya penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek tali gasnya. Kalau agak seret, ganti yg baru.

      Hapus
  12. Bro...mau tanya sedikit nih. 2 minggu yang lalu Tigi ane habis turun mesin ( pergantian Piston dan teman"nya) memang sebelumnya noken as dah di papas. setelah selesai di pasang posisi mesin dengan suara halus dan tarikan jadi meningkat karna oversize 100.
    Seminggu dipake kondisi mesin masih enak...tp seminggu berikutnya kondisi mesin berisik, kalo didengerin bisa dari rantai mesin ataupun klep yang agak renggang...ditambah lagi ngebul berwarna putih..
    Yang jadi pertanyaan ane...kenapa bisa terjadi demikian padahal kondisi mesin habis turun mesin...gitu aja bro semoga bermanfaat buat ane dan bro- bro yang lain...Tq

    BalasHapus
  13. bro mau nanya dong, kenapa motor mio saya kaga naik ke head yaa ??

    BalasHapus
  14. mas bro, mau tanya dan sekalian curhat ni.
    motor saya mio tahun 2009, sebelumnya motor saya pernah tidak digunakan selama 3minggu (mudik) saat motor kembali dipake terdengar suara kletek2, dibawa ke bengkel resmi yamaha katanya perlu stel klep.
    emang suaranya agak berkurang, namun masih saja terdengar suara kletekkletek. tenaga pun menjadi lemes.
    satu lagi, apa yg bakal terjadi kalau filter udara pada matic di semprot dengan angin bertekanan.
    mohon pencerahannya suhu..

    BalasHapus
  15. Mas bro smua, mau tanya neh tentang jalur oli ke cylinder head honda 100. krn aku sdh 2 kali ganti noken as (kemungkinan oliny g naik. terliat g ada bekas oli pd noken n cylinder head). tetapi setelah noken sdh d ganti baru n tutup klep aku buka ternyata olinya muncrat menandakan olinya naik. tetapi saat tutup klep di pasang n motor idle beberapa menit, mesin sangat panas n oli tidak naik ke cylinder head lg.jd oliny naik hanya saat tutup klep di buka. mohon pencerahannya para suhu problemnya. thx

    BalasHapus
  16. Mas saya mau tanya, motor saya honda revo lama. Peda saya kalau lagi dingin mesinya enak larinya. Kalau lagi panas buset ngeden banget. Terus kalau gigi netral bunyi tek-tek-tek kalau lagi jalan juga. Itu harus di apa in? Apa ganti stang piston? Terus motor saya juga makai kopling manual, pas waktu jalan kenceng di kopling bunyi kretek-kretek kayak ada yg mau lepas? Itu juga harus di apa in? Apa ganti kampas kopling? Dan kalau boleh sarannya gan sebaiknya yg bagus di ganti pakai onderdil apa, biar motor makin jos? Thanx. Balas gan

    BalasHapus
  17. permisi om,, sy mau tanya dengan masalah motor cina sy,, tadi pas dilampu merah tiba2 mesin mogok,, setelah dislah ulang mesin hidup tpbbrebetnya gak karuan terus mati lagi,,dr karbu ( sdh open filter ) terlihat kayak bensin nyemprot,, kira2 yang rusak apanya ya ?? trus apa betul klo pkai oktan terlalu tinggi bisa buat mesin jebol ?? mohon bantuanya,, salam trmksh dr magelang,,

    BalasHapus
  18. maaf bro ane mau tanya minta pencerahan nya mtor vega lama ane tenaga nya tekor gg mau lari trus bensin nya boros aph karna klep nya bocor minta solusi nya terima kasih

    BalasHapus
  19. maaf bro ane mau tanya minta pencerahan nya mtor vega lama ane tenaga nya tekor gg mau lari trus bensin nya boros aph karna klep nya bocor minta solusi nya terima kasih

    BalasHapus
  20. om2 dan para sesepuh saya mau tanya dong,motor gl100 saya kan baru di pasang blok kop tiger,dah di pake seharian keliling skalian test drive,,
    nah pas besokny saya pake lg jalan2 tp tiba2 mati di tengah jalan trs saya coba nyalain tp di engkol/diselah ko keras ya,kaya ada yg nyangkut kira2 itu penyebabny apa ya om,mohon infony dong skalian solusiny,terimakasih om ganteng :D

    BalasHapus
  21. om2 dan para sesepuh saya mau tanya dong,motor gl100 saya kan baru di pasang blok kop tiger,dah di pake seharian keliling skalian test drive,,
    nah pas besokny saya pake lg jalan2 tp tiba2 mati di tengah jalan trs saya coba nyalain tp di engkol/diselah ko keras ya,kaya ada yg nyangkut kira2 itu penyebabny apa ya om,mohon infony dong skalian solusiny,terimakasih om ganteng :D
    BalasHapus

    BalasHapus
  22. Motor mio saya bunyyi tek2 dan mesin panas gak mau lari

    BalasHapus
  23. Saya punya vega zr mesinya kasar banget
    Seperti bunyi kemletek disekitar head
    Ada apa dengan vega zr 2010 saya ini

    BalasHapus
  24. Saya punya vega zr mesinya kasar banget
    Seperti bunyi kemletek disekitar head
    Ada apa dengan vega zr 2010 saya ini

    BalasHapus
  25. Saya punya vega zr mesinya kasar banget
    Seperti bunyi kemletek disekitar head
    Ada apa dengan vega zr 2010 saya ini

    BalasHapus
  26. Mas mau nanya motor saya yang mio kalo di pake jalan kecepatan 60km ada suara bunyi itu apanya ya mas ?

    BalasHapus
  27. Gan mau nanya nihh honda beat 2010 saya knapa oli nya tidak naik ke head ? klau habis di bersihin pompa oli nya oli akan nya naik , tapi jangka 1 hari oli sudah tidak naik lagi .
    itu di sebab kan kenapa gan ?

    BalasHapus
  28. Gan mau nanya nihh honda beat 2010 saya knapa oli nya tidak naik ke head ? klau habis di bersihin pompa oli nya oli akan nya naik , tapi jangka 1 hari oli sudah tidak naik lagi .
    itu di sebab kan kenapa gan ?

    BalasHapus
  29. bysonku juga gitu, kalo mesin dingin trus mesin dinyalain dan di gas itu bunyi berderik kenceng, tapi ketika mesin udah panas suara itu hilang
    kalo kata mekanik tempat biasa aku service itu harus diganti blok seher plus piston kit soalnya yg aku pake udah di kolter
    bener gak yah?atau sbnrnya cuman masalah dibagian klep kit atau oli gak sempurna masuk mesin?

    BalasHapus
  30. Mas Mau tanya, motor saya vega zr saya baru saja ganti noken as dan juga piston yang semua kedudukannya di rubah dengan di bubut, tapi setelah itu motor jadi ngeden hanya suara saja besar tapi tidak ada larinya, dan juga pada kondisi yang ngeden gitu kadang endut-endutan sendiri kaya berasa naik kuda gitu mas. kira-kira kenapa mas dan harusnya bagai mana ya mas. mohon pencerahannya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau begitu tukang bubutnya ada tidak presisi. gejalanya semakin tingginya panas mesin tenaga mesin makin hilang atau bagaimana ?
      kalau iya, buruan buka bloknya bisa dipastikan baret.

      Hapus
  31. Mas mau nanya metic mio saya low d bawa jalan gasnya kencang malah putaran motor jadi rendah dan kayak di rem. Mohon solusinya

    BalasHapus
  32. Mas mau nanya metic mio saya low d bawa jalan gasnya kencang malah putaran motor jadi rendah dan kayak di rem. Mohon solusinya

    BalasHapus
  33. Mas mau nanya metic mio saya low d bawa jalan gasnya kencang malah putaran motor jadi rendah dan kayak di rem. Mohon solusinya

    BalasHapus
  34. mas byson saya..baru ganti ring piston sama rante keteng ...sebelumya sih masih halus..tetapi setelah digantikenapa langsam halus...digas suara 300 rpm..saat turun bunyi terr..terr.terr....tapi kalo mesin sudah panas...hilang tu bunyi.....apanya itu mas...

    BalasHapus
  35. mas byson saya..baru ganti ring piston sama rante keteng ...sebelumya sih masih halus..tetapi setelah digantikenapa langsam halus...digas suara 300 rpm..saat turun bunyi terr..terr.terr....tapi kalo mesin sudah panas...hilang tu bunyi.....apanya itu mas...

    BalasHapus
  36. mas tanya dong..motor jupiter z 2004,,dibuka klepnya kok yang klep atas longgar bgt,beda sama yang bwah,,sudah ku kencengin bagian katup tapi ko longgar,,kadang kalo diputer engkool,,kadang kenceng..itu masih bisa diperbaiki gak ya..makcih

    BalasHapus
  37. mas motor saya kalo habis gas turun atau gas naik scra tbtb. ada bunyi pas di belakang tp gatau dimananya, itu tuh kenapa ya?

    BalasHapus
  38. Mau tanya mas,motor saya supra grand
    Waktu itu di perjalanan langsam,tiba2 mesin mati sperti putus pengapian.setelah beberapa meter motor masih jalan coba turn ke gigi 3 motor kembali hidup dan langsung bunyi tek tek tek... Yg lumayan keras tp motor masih bisa jalan
    Sudah saya coba ganti noken as+piano klep nya bunyi masih juga ada mas,kira2 apa solusinya?

    BalasHapus
  39. mas kalu ganti seal klep apa cukup buka tutupnya aja /bongkar mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa... musti lepas semua bagian deksel.. turun mesin

      Hapus
    2. ga bisa... musti lepas semua bagian deksel.. turun mesin

      Hapus
  40. gan berapa ukuran celah klep buat buat beat fi

    BalasHapus
  41. MaS mau tanya nih. Motor saya kan mio. Spek 130an. Kalo oli mesin tidak naik ke blok itu kenapa ya..
    Mohon pencerahan nya kawan..

    BalasHapus
  42. mas motor saya byson 2010 ada masalah bunyi mesin gelitik pas di gas saya udh ganti rantai keteng lalu masih ada bunyi tik tik tik di mesin apakah itu klepnya rusak atau kendor aja?

    BalasHapus
  43. mas mau tanya... motor saya supraX125... habis ganti Seher + stangsehernya.... tapi masih ada suara seperti stangseher kena... itu masih menyesuaikan atau masalah ya bang?? mohon pencerahan nya.... maaf NewBie

    BalasHapus
  44. mass saya punya jupiter z ,ada bunyi ketek ketek kayak uang receh ,bunyinya juga gak kecil ,saya sudah pakai kenlpot recing untuk menutupi bunyinya tapi masih saja bunyi ,tolong ajaranya mass

    di tunggu balasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. make knalpot racing menyebabkan udara yg keluar lebir plong. dan menyebabkan mesin panas berlebih, dan menyebabkan stelan kelep sedikit renggang, menimbulkan bunyi ngelitik seperti uang receh. solusinya..stel karbunya.. ke kondisi pembakaran ideal, lihat kondisi busi untukmengecekny dan bilaperlu stel juga kerenggan kelep.

      Hapus
    2. make knalpot racing menyebabkan udara yg keluar lebir plong. dan menyebabkan mesin panas berlebih, dan menyebabkan stelan kelep sedikit renggang, menimbulkan bunyi ngelitik seperti uang receh. solusinya..stel karbunya.. ke kondisi pembakaran ideal, lihat kondisi busi untukmengecekny dan bilaperlu stel juga kerenggan kelep.

      Hapus
  45. Mas mau nanya sy pnya motor byson tarikan kok kyk bunyi grek...grek pd saat turu. Gigi mhn solusiya mas .thans

    BalasHapus
  46. Mas mau nanya sy pnya motor byson tarikan kok kyk bunyi grek...grek pd saat turu. Gigi mhn solusiya mas .thans

    BalasHapus
  47. Berbagi pengalaman : Supra fit 100 cc kesayangan q ngletek ngasap dibagian head, ganti silk klep hilang asapnya jangan lupa skir, ngeleteknya hilang klep harus di setteng ke tukang bubut agar tidak goyang di bantalan luncurnya, bushing rocker arm periksa juga apabila longgar itu juga menyebabkan bunyi, ganti kamprat asli ah* jangan lupa gear pompa oli ganti sekalian agar oli naik ke head dengan sempurna. Terimakasih

    BalasHapus
  48. Permisi...
    Mau tanya Mas,
    Saya pakai honda supra fit thn 2006.
    Kemarin pas saya bawa jalan, saya menginjak lubang lumayan keras. Tiba2 dari mesin terdengar bunyi kasar 'sk sk sk sk' yang mirip bunyi filter udara jebol dan mesin kekurangan oli. Lalu saya ganti olinya dan bunyi mesin masih saja tetap.
    Selain itu,pas oli dikuras, ada serpihan seperti plastik berwarna hitam dan serpihan abu2 seperti karet leleh.
    Kira2 kenapa mesinnya ya Mas? Saya baru saja servis sebulan yang lalu di bengkel resmi...dan mekaniknya mengatakan mesin saya sehat2 saja.
    Tambah lagi, tenaga mesinnya masih cukup baik untuk di putaran bawah, tapi begitu di bawa ke putaran atas jadi melempem.
    Terima kasih sebelumnya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek..komponen apa yg berubah stelah kena lobang d jalan itu. mungkin filter udara bergerak, kotor, atau mekanik kencengin baut ny ga bener. filter udara ga lancar menyebabkan tarikan atas ilang/mlempem. serpihan plastik hitam it mungkin saringan oli yg tergesek oleh baut oli yg terlalu panjang waktu d pasang.

      Hapus
    2. coba cek..komponen apa yg berubah stelah kena lobang d jalan itu. mungkin filter udara bergerak, kotor, atau mekanik kencengin baut ny ga bener. filter udara ga lancar menyebabkan tarikan atas ilang/mlempem. serpihan plastik hitam it mungkin saringan oli yg tergesek oleh baut oli yg terlalu panjang waktu d pasang.

      Hapus
  49. Slm saudara ,mas aku nanya dong ,motor aku mio gt ada suara ngeletek di msin aku ,,,itu ap nyabyn,,suara nya saat diam sjn,tp klo dah jaln ga ,,,,mhon info ap karna

    BalasHapus
  50. Slm saudara ,mas aku nanya dong ,motor aku mio gt ada suara ngeletek di msin aku ,,,itu ap nyabyn,,suara nya saat diam sjn,tp klo dah jaln ga ,,,,mhon info ap karna

    BalasHapus
  51. mas motor saya honda revo fi, sbelumnya motor saya hampir kehabisan oli karena ada oli keluar melalui bak oli yang retak, setelah saya ganti oli yang memang tinggal sdikit lalu sya nyalakan asap putih kluar dari knalpot, krna penasaran saya buka knalpotnya dan saya nyalakan ada oli yang menetes di lubang knalpot sekitar 1 tetes per 7 detik.
    kira kira apanya yang rusak atau bagaimana cara mengatasinya.....
    tolong banatuanya, terima kasih....

    BalasHapus
  52. Mas mau tanya, baru beli supra gtr 150. Udah sekitar 2 bulan. Klo masuk gigi 3 kok bunyi sreek sreek di rantai, kira² itu masalah nya dimana ya mas, tolong bantuannya ?

    BalasHapus
  53. om saya mau tanya,kok motor revo 100 saya masih bunyi kletek-kletek,walaupun udah ganti klep tetep aja bunyi kletek-kletek,penyebabnya kira-kira apa yah om???
    posisi motor udah ganti noken as sama piston jupiter

    BalasHapus
  54. tolong om fast respon,udah ga tahan sama bunyi'y

    BalasHapus
  55. Ni om saya punya kendala vega zr kondisi motor udh naik oversize 50 .trus saya bubut noken as nya 2 mili..ko klepnya mentog ke seher..apa harus coak seher atau tambah paking head ?? .mohon info nya

    BalasHapus
  56. maaf butuh infonya. . .

    saya punya motor mocin astrea bulus.knp yah klo mtor saya posisi nyala berbunyi kritik kritik gtu. . .

    tlong jwab mas makasih

    BalasHapus
  57. selamat sore suhu mau nanya dong motor saya beat karbu udh di ganti tensioner lidah tensioner sama rantenya klep sudah di skir kruk as baru tapi ko masih ada suara bunyi kasar kaya ada baud yg longgar di bagian crank case sebelah kanan yg ada magnit nya itu rusak apanya yah padahal udh pada di ganti semua tapi masih tetep itu suara ada apalagi pas maju suara berisik itu makin keras padahal volume oli stabil keketalannya standart

    BalasHapus
  58. pastikan oli udah diganti dan busi ganti baru rante mesin stel klau masi tetap kasar motor ganti baru.he

    BalasHapus
  59. Mas saya ganti noken as bikinan,begitu di pasang pas jalan gas ga bisa turun malah makin kenceng padahal gas ga di puter. Noken as beli langaung jadi, jadi ga pake perhitungan TMA TMB,biar ga sia-sia harus di apain ya? Terimakasih sebelumnya
    Motor mio 58an

    BalasHapus
  60. Mas ko motor aku vega zr kalau dibawa dijalan ko ngoklok ya kenapa, dan tarikan nya ngga ada, dan ngepos.lg jadi perlu ganti apanya ya mas makasih

    BalasHapus
  61. mas padahal sepeda mp saya udah struk up 9 ml noken cham2n lho ternyata suaranya gabisa kembali ngong2 gitu aja

    BalasHapus
  62. Mas mau tanya
    Motor saya megapro 2009
    Kok klep saya gampang kendor ya
    Trus performa nya kayak gignya kurang 1
    Buat jalan 90 udah maksa banget
    Itu solusinya gimana ya
    Apa ada pengruhnya sama klep nya tadi
    Makasih as

    BalasHapus
  63. Permisi semua mas bro
    mohon maaf sebelumnya
    saya disini mau share aja pengalaman saya , siapa tau ada yang pernah mengalami juga
    jadi gini , saya teledor dan mungkin lupa buat mengganti oli mesin saya yang udah 4 bulan gak diganti . setelah motor saya pakai seharian dalam keadaan normal dan keesokan pagi nya tiba tiba ada bunyi berisik yang berasal dari mesin . saya gak tau kenapa itu , 4 hari dari kejadian itu saya kebengkel . dan di bengkel saya dikasih tau sama montirnya kalo oli mesin saya tinggal sesendok dan itu jadi penyebab kenapa mesin motor saya bisa berisik bgitu.
    montirnya bilang ada klep nya yang bengkok , dan itu harus dibongkar semua nya biar tau apa aja yang udah harus di ganti , si montir bilang bisa lebih dari 800rb biaya nya . jujur saya kaget banget, karena saya cuma mahasiswa . dan akhirnya saya memutuskan buat ganti oli mesin aja sama oli gardan dan akhirnya bunyi berisik dari mesin bisa berkurang sedikit . tapi bunyi yang dari klep nya masih sedikit terasa



    saya disini minta saran mas bro semua, apa yang harus saya lakuin.

    Terimakasih banyak

    #btw motor saya all new soul gt125

    BalasHapus
  64. Motor byson 2012 saya udah ganti seher naik 150 (racing merek TDR) saya mau nanya, dengan seher tersebut apa stelan klep harus diubah atau dengan ukuran standar saja? Karna saat tarikan mencapai 5000 rpm terdengar suara kritik, semakin naik rpm semakin kenceng kritiknya. Minta sarannya sobat. Terima kasih

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. MAS... Kalau motor Mio Sporty habis di service besar (turun mesin) kok masih brebet ya padahal semuanya sudah di ganti sama yang baru dan butuh berapa lama untuk membawa motor secara pelan dan tidak di kebut dan kapan bisa di bawa kebut seperti semula lagi

    BalasHapus
  67. Mas mw tanya mtr saya tiger revo klau d bawa jauh sma lewat jln yg tanjakan'a tajam suara mesin berubah jdi kasar tpi kasar'a bkn kya rantai keteng

    BalasHapus
  68. Bang beat fi saya kenapaya law habis di pakai lalu dimatikan suka ada bunyi kletek baik itu dimatikan lewat standar samping

    BalasHapus
  69. Coba cek tekanan freon nya *_'

    BalasHapus
  70. Coba cek tekanan freon nya *_'

    BalasHapus
  71. Mas numpang nanya motor saya mio m3 baru 1 tahun suaranya sudah tektektek kenapa yah tolong informasinya

    BalasHapus
  72. Ass gan numpang tanya..sy pnya mio soul lama...kendalanya stang seher ganti baru,u/ pemasangan stang sdh klop.blok sama pistonnya baru,rantai klep baru,tensioner baru...tetapi pas di pasang motor hidup.tp ada timbul di bunyi di bagian blok baru tersebut...kira2 apa kendalanya mohon pencerahannya gan..spare part ganti baru semua.

    BalasHapus
  73. Bang ane mau nanya nih...motor ane Pass lagi mesin adem enak lari nya eh pass udh panas pas masukin gigi 3sama 4 gan suka ngeden dulu itu knp ya? Soalnya udah pake kopling manual apa harus ganti kanpas kopling.. Di suzuki smash 110

    BalasHapus
  74. Kak aku motor revo absolut 2 bulan kemaren motornya diservis mesinya ganti rantai klep sama bak tg sebelah kiri, sdh2 bln dipakai bunyi berisik lagi tek tek tek nya lebih besar .itu gara2 apa yah kk

    BalasHapus
  75. Bang ane mau tanya nih. Motor ane vixion old thun 2012 abis ganti knalpot racing kok kayak muncul bunyi ngelitik yah. Dan bunyi tik-tik-tik nya itu mengikuti putaran mesin. Jadi misal semakin di gas bunyi tik-tik-tik itu semakin cepat mengikuti putaran mesin.. dan saya baca2 artikel katanya itu perlu di setel celah klep nya. Tp kemarin udah aku bawa ke bngkel resmi yamaha n udah di stel klep nya tapi kok masih bunyi ngelitik ya bang ? Kira2 apa lagi masalah nya ? Mohon pencerahannya bang.. thanks

    BalasHapus
  76. bang saya mau nanya kenapa ya motor mio saya waktu di gas secara spontan[gaspol] itu bunyi kretek2 secara keras itu kira2 kena aapanya yah?? mohon dijawab thx.....

    BalasHapus
  77. Bang saya mau tanya motor saya honda tiger 2000 tahun 2002, itu blok sblah kanan pas di wadah kopling kalo motor di idupin pas di gas ada bunyi keletok2, dlu jg pernah kayak gitu trus saya ganti busi pas abis ganti busi ilang tu bunyi tapi sekarang malah muncul lagi udah di ganti lg businya masih jg gak ilang, tolong bang solusinya gimana itu rusak apanya, trima kasih

    BalasHapus
  78. Gan mau nanya motor saya beat, ini kalo dilepas gas terus kan masih jalan pelan itu ada bunyi berisik gitu gan, itu kenapa ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  79. Misi gan mau tanya motor saya yamaha byson carbu, mesin bunya kletek2 atau yg seperti web ini bicarakan.
    Apa aja yg harus di perbaiki yah ?

    BalasHapus
  80. Misi gan mau tanya motor saya yamaha byson carbu, mesin bunya kletek2 atau yg seperti web ini bicarakan.
    Apa aja yg harus di perbaiki yah ?

    BalasHapus
  81. permisi mz..numpang tanya dan sharing..sya bru beli motor sekitar 2 bulan lalu..beat esp 2017..stlah pmkaian sbulan lebih motor masih enak..nah pas skitar 3 minggu lalu motor mlae ada bunyi tiktik..stlah sya servis d dealer 2 kali ttp saja bunyinya gak enak..kata tmn sya klepnya yg d kena..masa baru beli klepnya sudah d kena ya mz..mohon pncerahannya mz..trima kasih

    BalasHapus
  82. Maz. Saya mw nnya..
    Sya bru kali ini dengar suara tik tik d bagian tengah bak mesin vega..smakin d gas smakin redam. Kalau langsam bunyi ny jelas.
    Kira2 gejala pnyebab ny apa maz.?
    Mhon pndapat dan solusi ny mas.. trimakasih.

    BalasHapus
  83. Mesin saya revo 2007 keluhan bunyi tek tek waktu gas slow sementara semua udah diganti
    stang koreas,temeng,as klep, piano klep,reng piston

    BalasHapus
  84. Mesin saya revo 2007 keluhan bunyi tek tek waktu gas slow sementara semua udah diganti
    stang koreas,temeng,as klep, piano klep,reng piston

    BalasHapus
  85. Mesin saya revo 2007 keluhan bunyi tek tek waktu gas slow sementara semua udah diganti
    stang koreas,temeng,as klep, piano klep,reng piston

    BalasHapus
  86. mau tanya bang.. scorpio 2006 ,knpa motor sy klau mesinnya panas klepnya bunyi..

    BalasHapus
  87. Mau nanya bro. Blok ama kepala klip nya udah di ganti kok masih brisik ya

    BalasHapus
  88. saya mau tanya, kereta mio sporty saya, sudah saya ganti ring piston, klep, pianonya juga,,, koq gk hidup juga ,,,,,capek saya memperbaikinya....

    BalasHapus
  89. Mas saya juga mau nanya, tiger revo saya kemarin udah ganti noken as terus kamppratnya dah di ganti awalnya sih gak ada yang bunyi tapi lama kelamaan paling seminggu kemudian ada bunyi tek-tek dimesin tapi kayaknya blok sebelah kanan kenapa yah mas?

    BalasHapus
  90. Bang saya mau tanya motor saya suprax125 suaranya itu kasar sperti knalpot rembes atau seperti karbu tanpa filter kecek2 gitu . Itu kerusakan di bagian apaya padahal nalpot paking semunya rapi.

    BalasHapus
  91. Bang motor saya jupiter mx, klep serong saya servis tp kenapa ya suara klep saya halusnya cuma benerapa hari, abis itu brisik lg, emang ngaruh ya suara klep brisik sama temlar yg udah baret?

    BalasHapus
  92. bang saya punya gl 100 mau saya oversize jadi 100 trus kira2 apa yang perlu di ganti juga dan bagaimana efekxa kalau kita oversize 100? mohon infonya abang2 yang ngerti permesinan khususnya spd mtor

    BalasHapus
  93. Bang saya nanya nih, motor saya tiger sdah over houl nah stelah beberapa bulan baru bunyi kletek"..
    Kira" g mana mnurut abang?
    Apakah perlu servis buat penyesuaian klep yg awalnya padatn stelah d pakek jd sdikit longgar?

    BalasHapus
  94. Kalian sih enak, motor 250cc kebawah , kita yg 250cc keatas kalau mau service besar cuman ada 1 bengkel yang yang bisa, yaitu bengkel pusat.. Dan mau gk mau harus nunggu booking, sekitar 11 sampai 12 bulan lamanyaaaa

    BalasHapus
  95. Saya mau tanya mas , motor saya vega R th 2008 ketika mesin dingin gk bunyi kletek tapi ketika mesin panas bunyi kletek ,solusinya gmn mas
    Harga klep untuk vega R berapa mas

    BalasHapus
  96. omm sekalian.. sya mau nanya, motor ane jupiter mx 2006, itu kalo di hidupin bunyi ketek ketek ketek apalagi kalo lg jalan dan naikin tanjakan suaranya makin jelas.. kta bngkel harus ganti blok, pdhal motor ga ngebul.. mohon informasinya dan solusinya om .. trimakasih..

    BalasHapus
  97. Mas mau nanya,motor tiger saya kalau posisi panas bunyi tek-tek kanapa ya?padahal setelan kamprat baru.klep juga sudah di setel saya pake noken As BRT itu kira2 apanya ya?bunyinya kadang muncul kadang hilang,kalau pas jalan nanjak kadang muncul tek-tek.itu kira2 apanya ya?

    BalasHapus
  98. Motor revo saya mengalami hal yang aneh. Pas di nyalakan aman dan tidak ada bunyi klep ataupun berisik apapun. setelah dibawa jalan agak jauh tiba tiba mesin mati dan sambil mengelurkan suara klep yang kencang bersamaan matinya mesin. Namun setelah mati saya starter lagi malah nyala tanpa masalah lagi. Kejadian seperti ini berulang2 terjadi. Kira2 apa ya penyebabnya?

    BalasHapus
  99. Motor saya yamaha mio m3 saya sdh stel klep tapi masi bunyi berisik lalu mekanik suruh saya untuk ganti noken as sdh diganti berisiknya hilang skrng sdh bunyi lagi lalu mekaniknya bilang harus ganti lagi pelatuk klepnya serta noken asnya. Kira2 apa penyebabnya? ??

    BalasHapus
  100. Numpang tanya, motor saya Jupiter z. Baru dioversize karena segeranya bocor. Tapi malah muncul suara Tek Tek Tek. Kata montir itu gara-gara segeranya besar jadi suara mesinnya kasar. Apa benar begitu?

    BalasHapus
  101. Sory mas mau nanya ini.. Motor saya Vega New.. Kenapa yaa Kok Terasa sangat nahan.. Trus pas baru mau jalan itu Getar semua terasa.. Dan Dipinggiran penutup lubang stel klep nya sering ngeluarin Oli.. Kira2 apa itu masalahnya om ? Mohon Balasannya.

    BalasHapus
  102. Maaf mas mau tanya.
    Montor jupter mx 2005 saya mesinnya bunyi tek-tek-tek, lalu saat pembuangan oli disaringannya banyak sampah. Itu knpa mas ya?n ap solusinya

    BalasHapus
  103. mf mas mau tanya motor sya supra x 125 thn 2009 ..bunyi mesinya klek2 klw langsam dan klw sdh jln tetap bunyi klek2..mf yg hrs sya betulin apanya..apa stel klep? tlg dbls trmksh bnyk..

    BalasHapus
  104. mf mas mau tanya motor sya supra x 125 thn 2009 ..bunyi mesinya klek2 klw langsam dan klw sdh jln tetap bunyi klek2..mf yg hrs sya betulin apanya..apa stel klep? tlg dbls trmksh bnyk..

    BalasHapus
  105. Mas ,mau tannya ,Motor sy HONDA CS1 125CC , kendalanya kalo rpm std tdk berbunyi ,tp kalo rpm tinggi/di bleyer itu muncul suara berisik kemletek, minta solusinya

    BalasHapus
  106. Permisi om..
    Pengen nanya ni, motor sya matic Mio soul GT 125.

    Awal starter mesin Alus.. nah, begitu jalan beberapa beberapa menit kemudian timbul suara berisik macam itu.

    Kira2 ini penyebabnya apa ya

    BalasHapus
  107. bos mau nanya supra fit new ane ganti noken as tapi lokal pas di pasang klep sama seher mentok di gas tuh malah ngebrebet kaya mau abis bensin padahal busi baru kelistrikan normal karbu jga normal gmna yah solusi.y udah mau 4 hari ane korek" tapi masih gth

    BalasHapus
  108. Bos mau tanya, saya pernah telat isi oli sampai jdi abu, kira2 biaya buat normal brapa, buat supra x 125 r. Mkasih

    BalasHapus
  109. mas ,klo celah klep fino fi 125 ukurannya berapa ya ,soalnya sudah distel beberapa kali masih terdengar suara ngericik dibagian mesin dan dari kipas ,kira kira apanya ya mas ??
    mohon solusinya nya , soalnya motor baru jalan 4 bulan

    BalasHapus
  110. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  111. min kalo pake BAUT STELAN KLEP yg bukan asli alias yg no 2 kuat gak untuk honda tiger revo tahun 2008..??

    BalasHapus
  112. Mas Motor saya Fit X tahun 2007, keluhannya kemarin saya baru ganti rantai keteng karna bunyi tek tek,tapi sebulan kemudian tenang motor saya berkurang dan terasa berat di gas trus kalau mesin motor terlalu panas muncul suara tek tek dan lama kelamaaan suaranya makin berisik sampai motor saya mati.kira2 apa penyebannya mas

    BalasHapus
  113. om, motor saya scorpio 2005. kemaren di turunin meain ampe 2x cuman oli yng ke pelatuk depan dikit muncrat nya, oli ke pelatuk belakang, seher sama rantai keteng bagus padahal, kenapa yah yang ke pelatuk depan cuman dikit muncrat nya? udah di tuner juga jalur2 oli nya. mohon bantuannya suhuu

    BalasHapus
  114. Motor saya Byson 2012 baru kali ini masuk bengkel, tapi parah bngt, klep dan kamrad sdh diganti, tp masih ada suara seperti uang receh,,, mekanik pun belum dapat titik masalahx, sampai skrang sdh 10 hari dibengkel blum bagus2. Tlong bantu donk

    BalasHapus
  115. Nanya bos..
    Motor gue beat fi 2013 bos.
    Trus kmrn motor gue bengkel bos masalah klep motor gue bengkok bos
    Trus pas keluar d bengkel motor gue bagus bos. Tpi pas gue pakai 3km dari bengkel tu motor gue bunyi kletek2 lagi gan.. pas di cek stelan klep ny longgar lagi gan. Padahal pas keluar bengkel stelan klep ny pas gan. Apa penyebab nya tu gan..
    Mohon solusi nya gan.

    BalasHapus
  116. Kokpada mio sporty bagian penutup klep atas kering

    BalasHapus
  117. Mesin saya saat panas di gas klep nya banting apanya bang

    BalasHapus
  118. Min , mau tanya ni saya kan beli motor baru z1 belum ada 1 bulan pas saya bawa jalan itu suara kemlitik entah itu piston atau klep , tapi kalo dihidupin aja gak bunyi kemlitik minta solusi gan , semua bengkel gak tau penyakitnya hanya bilang memang bawaan dealernya gitu .

    BalasHapus
  119. Bro saya mau tanya masalah dari klep bisa jadi operheat ga si

    BalasHapus
  120. Mau nanya mas .honda scoopy sayaa kalo.di buat saatt jalan kok bunyi kritik2 ya mas .pada saat di panasin ga bunyi sama sekali .itu bunyi dari mesin blakang tapi kalo saat di panasin tidak bunyi sama sekali

    BalasHapus
  121. Mas sepedah saya gl ada suara tik2 saya bawa bengkel di stel klepnya pas saya bawa pulang stasioner mati2 klo buat pelan motor brebet klo buat kencang tidak setelah saya bawa bengkel distro klep kasar bunyi tik2 lagi motor enak lagi yang saya tanyakan bagaimana motor saya halus tapi enak atas bawah apa perlu ganti kop megapro

    BalasHapus
  122. Saya mau nanya mas,kan motor saya fino karbu, motor saya naikin mesin ke 54 harian, baru jalan 1 bulan suara mesin ko bunyi kletek2 itu, kira2 penyebabnya apa ya, sudah saya bawa ke bengkel kata mekaniknya harus ganti bearing kruk asal, apa itu pengaruh dari bearing kruk asal nya, sedangkan dari komponen lain kata mekanik normal...

    BalasHapus
  123. mas motor saya mio z 125,bunyi tek"pada bagian head nya mas,tpi pada saat rpm tinggi itu apa mslah nya mas,klau rpm rendah ngak ada bunyi pada bagian head nya mas

    BalasHapus
  124. Mas mau tanya motor mio j saya bunyi dret gt waktu di gas rendah tp klok gas tinggi bunyinya hilang
    Itu celah klepnya apa kamratnya ya mas
    Mhon penjelasannya

    BalasHapus
  125. Pak mao tanya motor supra x 125 abis trun mesin tpi suara nya brebet gk ilng2 apanya mohon infonya

    BalasHapus
  126. Bos mau nanyak ..ni ane punya mio bore up 58.klep standart ..nah klo di buat start bunyi kratak gtu..apa nya gan

    BalasHapus
  127. Mau tanya nih abang mekanik yang ganteng ,saya turunin mesin fino fi 125,di verbos setelah di pasang kembali kenapa jadi mentok yah piston dan payung klep,padahal masih standar semua mesin

    BalasHapus
  128. Mohon masukannya abang mekanik yang ganteng dan baik hati trimakasih

    BalasHapus
  129. cara setel klep motor,di yutub bnyak
    cara setel rantai keteng,buka yutub banyak
    hidup itu jgn terlalu kepo dan irit keterlaluan,beli paket data internet yg bnyak.,,,

    BalasHapus
  130. Mas sy mau tanya,motor saya supra x 125.klau digas bunyi aung aung...itu kenapa dan apanya yg perlu diganti trima kasih

    BalasHapus
  131. Mas mau nanya kalo prnyebab suara klep berisit terus permukaan klep ngga ada oli . oli nya baru diganti

    BalasHapus
  132. Mas mau nanya kalo prnyebab suara klep berisit terus permukaan klep ngga ada oli . oli nya baru diganti

    BalasHapus
  133. Mas mau nanya kalo prnyebab suara klep berisit terus permukaan klep ngga ada oli . oli nya baru diganti

    BalasHapus
  134. Mau nanya dong
    Motor sy Honda Vario 125.
    Awal nya khabisan ololi
    Lalu turun mesin dh ganti semua stang seher SMA Bering ny kanan kiri.
    Terus piston SDH ganti jg.payung kelep SMA platuk dan noken as nya.dh ganti semua tp Mash bunyi ngelitik di bagian kelep ny.pdahal sudah di stel rapet tp masih nglitik jg.smpe bengkel ny mau nyerah.
    Nah kira kira itu apa ny ya

    BalasHapus
  135. Mau nanya dong
    Motor sy Honda Vario 125.
    Awal nya khabisan ololi
    Lalu turun mesin dh ganti semua stang seher SMA Bering ny kanan kiri.
    Terus piston SDH ganti jg.payung kelep SMA platuk dan noken as nya.dh ganti semua tp Mash bunyi ngelitik di bagian kelep ny.pdahal sudah di stel rapet tp masih nglitik jg.smpe bengkel ny mau nyerah.
    Nah kira kira itu apa ny ya

    BalasHapus
  136. Mas motor saya revo fit injeksi. Setiap d stel Clep yea ttap aj bunyi palagi sudah panas mangkin parah. Kira kira ap y yamas...

    BalasHapus
  137. Mau tanya nih min,

    Motor smash masuk gigi satu di tanjakan mengeluarkan bunyi cek cek cek itu apanya ya min

    BalasHapus
  138. Mas motor saya smash klo masuk gigi satu di tanjakan bunyi cek cek cek kira2 apanya mas

    BalasHapus
  139. Mas saya mau tanya. Kan beat fi saya kendalanya juga kltek" saya cek di cvt dan yang lainnya ga bermasalah, tapi pas di stel klep bener 2 minggu. Itu kalo cara ilanginnya biar gak bunyi" lagi gimana yak?? Motor hampir 6 tahun umurnyaa mas

    BalasHapus
  140. Mas saya mau tanya mtr saya beat karbu udh make seher kaze 200+ maen papas noken as tp knpa ya suara ngeritik apakah itu pnyebab dari maen papas cam?

    BalasHapus
  141. Suhumau tanya,jupiter mx saya thun 2007 non kopling,pas jalan ada bunyi glotok² di head depan itu masalahnya apa ya,sama kalo lagi jalan trus kita tambah gigi agak delay itu apanya ya suhu?

    BalasHapus
  142. maaf saya mau nanya kenapa yah mx 135 punya saya mesinnya bunyi kletek kletek dan tenaganya berkurang sperti tekor bensin dan oli mesin selalu cepet habis

    BalasHapus
  143. Permisi kak, saya juga ada keluhan. Motor saya Jupiter Z1. Yg saya heran kok cepet banget ngeletreknya ya, padahal Rante, sentrik/ gir, tensoner dan tunjangannya baru semua. Setiap setelah dipasang, paling cuman dipake sekitar 3 KM perjalanan aja udah langsung ngeletrek lagi,. Kira2 salahnya dimana ya bang, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  144. Bang mau nanya .montor saya crypton kalo mesin dingin gak kasar tapi kalo udah panas ada suata tek tek tek .dan mesin cepet panas bang

    BalasHapus
  145. Mau tanya om motor saya jupiter z piston sonic 50 klep std noken as papasan kok suara kenalpot nya jadi keras kaya motor mx padahal mah tandinya gx gitu ,gara gara tadinya lepas rantai keteng nya trus saya pasang lagi ,apakah ada yg salah dengan pemasangannnya mohon infonya om

    BalasHapus
  146. om mau nanya motor sy mio soul gt 125 blucore th 2016 udah ganti boring satu set tp bkn yg ori knp msh ngeletk aj ya mesin nya,tp knalpot tdk ngebul,tarikan jg ga ada,mhon bantuannya om,makasih

    BalasHapus
  147. om mau tanya motorku njmx tahun 2014,
    terkadang muncul suara ngoklok tapi jarang2 bunyinya itu muncul itu penyakitnya apa ya?

    BalasHapus
  148. Om saya mau tanya motor saya jupiter z1 Nev merah marun.ko ngak kuat naik tanjakan trus klepnya. jga bunyina brising bangat>.walapun ganti oli tetap masih bunyi. Itu sebabnya ap as om

    BalasHapus
  149. Saya tanya,motor saya revo lama sama dgn motor supra pit.
    Yg ingin saya tanya,apa penyebab,ketika stelan klep rapat tarikan gas nya brebet,
    Ketika di renggangkan suara normal tapi mengelitik..??

    BalasHapus
  150. terimakasih atas artikelnya
    https://bengkelpasirpangaraian.blogspot.com/2023/04/engine-immobiliser-system.html

    BalasHapus
  151. https://bengkelpasirpangaraian.blogspot.com/2023/04/engine-immobiliser-system.html

    BalasHapus