Selasa, 13 Desember 2011

SERVICE RUTIN ITU TIDAK PERLU

Kalau sobat service, terutama di bengkel resmi, tentu sobat sering mendengar nasehat untuk melakukan service rutin, terutama kalau motor sobat banyak masalah. Tentu nasehat seperti begini tidak ada salahnya namun juga tidak lantas seratus persen benar.

Nasehat seperti itu cuman berlaku buat pemilik motor yang tahunya hanya menunggang motor saja, tetapi tidak mengerti sama sekali tentang motor. Kalau sobat cukup mengerti tentang motor, sebetulnya service rutin itu tidak perlu. Makanya selayaknyalah sobat lebih mengerti kendaraan kesayangan sobat, walaupun yang perlu-perlu saja. Seperti kalau sobat lagi demen sama seseorang, maka sobat akan mencari tahu tentang orang itu, iya kan?

Sebetulnya apa sih yang dilakukan mekanik saat melakukan service pada motor kita? Ada beberapa poin service yang dilakukan mekanik di AHASS. Yang pertama adalah membuka dan membersihkan karburator. Yang kedua adalah membersihkan filter udara, untuk motor yang masih memakai busa seperti Grand dan Supra 100. Yang ketiga adalah melakukan penyetelan pada klep baik untuk klep masuk/in maupun untuk klep buang/ex, yang ini hanya untuk motor 4 tak, karena motor 2 tak tidak memiliki klep di bagian Cylinder Headnya. Yang keempat adalah pemeriksaan air aki atau battery untuk aki basah, sedang untuk motor-motor sekarang yang pakai aki MF/Maintenance Free hal ini tidak perlu dilakukan. Yang kelima adalah penyetelan rantai roda dan pemberian oli pada rantai roda bila kering.

Setelah itu mekanik melakukan pemeriksaan dan penyetelan rem baik depan maupun belakang, lalu pemeriksaan komstir, pengecekan saklar dan lampu-lampu sambil menghidupkan motor dan melakukan pengecekan gas. Setelah itu, terakhir melakukan pengecekan tekanan angin ban, 28/29 untuk ban depan dan 32/33 untuk ban belakang, sama baik untuk sendirian maupun berboncengan. Selesai!

Jadi kalau sobat punya motor dengan aki MF, sobat tahu cara pengecekan rantai dan rajin mengganti oli mesin secara teratur, sebetulnya sobat tidak perlu service rutin. Kalau motor sobat brebet misalnya, buka saja karbunya, bersihkan karbu dan semprot dengan karburator cleaner kalau sobat tidak punya kompressor, lalu bersihkan filter udara (untuk motor lama yang masih pakai busa). Pasang lagi, lalu hidupkan. Beres.

Selalulah memeriksa rantai roda, karena komponen ini penting untuk keselamatan. Setel bila kendor dan selalu berikan oli dan jangan dibiarkan kering terutama saat musim hujan. Air cepat sekali membuat rantai roda kering. Periksa rem juga depan belakang.

Khusus untuk penyetelan klep sebaiknya jangan dilakukan sendiri. Khusus yang ini hanya dapat dilakukan oleh mekanik karena berbahaya kalau salah stel, motor sobat bisa bengkok klepnya. Beruntung penyetelan klep memang tidak perlu dilakukan rutin. Kalau motor sobat masih enak larinya dan tidak kasar suaranya, penyetelan klep tidak perlu dilakukan.

Kalau sobat tahu kapan saatnya harus mengganti kampas rem dan kapan harus mengganti rantai roda misalnya, sobat tidak perlu harus bolak-balik-balok ke bengkel yang makan duitnya lumayan gede yang tadinya bisa buat jajan anak jajanan yang tidak mengandung pewarna atau borax atau formalin, atau beli gorengan yang tidak dicampur plastik saat digorengnya. Belum lagi kalau sobat kena tipu mekaniknya yang bikin kerusakannya merembet ke sana, merembet ke sini. Yang harusnya cuman 50 ribu perak doangan udah sama oli mesin, jadinya habis ratusan ribu perak yang bikin sobat nyengir saat harus membayar di kasir.

Makanya kalau sobat mengerti sedikit ilmu tentang motor sobat, service rutin bulanan tidak perlu dilakukan. Yang perlu rutin dilakukan adalah mengganti oli mesin, kira-kira setiap 1500 sampai 2000 km.  

3 komentar:

  1. Terima kasih infonya pak.
    Berhubung motor saya HSX 125 Helm In PGMFI, saya juga jarang sekali ke bengkel, karena saya cek sendiri kondisi motornya hehe tapi ganti oli rutin. Tapi ketika saya rasa saya gak bisa, baru saya bawa ke bengkel :D

    BalasHapus
  2. Mantap infonya, Makasih min :-D

    BalasHapus
  3. Apalagi sistim injeksi ya min..berarti tidak perlu servis rutin klau dirasa motor masih enak..

    BalasHapus