Selasa, 22 November 2011

KOMSTIR TERASA TIDAK ENAK

Pernah merasa tidak enak pada komstir motor saat dikendarai? Ketika dibawa ke bengkel resmi dan dicek, ternyata dibilang tidak apa-apa oleh mekanik yang memeriksa? Kesal bukan? Padahal sobat jelas-jelas merasa ada yang tidak beres saat motor dikendarai.

Kalau yang sobat rasakan adalah motor terasa keras dan ngebuang kekiri dan kekanan saat dikendarai, memang ada yang tidak beres pada komstir motor sobat. Sebenarnya bukan sepenuhnya salah mekanik bengkel resmi yang memeriksa. Mekanik mengatakan demikian karena cara dia memeriksa adalah sebagai berikut. Motor sobat pertama-tama distandar-tengahkan lalu bagian belakang ditekan sampai ban depan atau stang dalam posisi bebas. Stang digerakkan ke kanan dan ke kiri, kalau stang terasa seret dan tidak bebas maka mekanik akan melakukan penyetelan sampai gerakan stang terasa enak dan tidak terhambat.

Mekanik hanya memeriksa dengan cara itu. Jadi tidak sampai membongkar komstir dan memeriksa pelor-pelornya. Walaupun sobat ngotot (tanpa memakai otot) bahwa komstir tidak enak. Mengapa demikian? Karena mereka dikejar target harus menyelesaikan sekian motor dalam sehari bila masih doyan insentif dari perusahaan. Membongkar komstir bukanlah favorit mereka saat mengejar target.

Yang jadi masalah, seringkali masalah pada komstir tidak dapat dideteksi hanya dengan cara demikian. Saat diperiksa dengan cara standar, stang tetap terasa enak dan bergerak tanpa hambatan. Pada saat motor dikendarai, dalam kecepatan tertentu barulah terasa keras dan tidak enak. 

Kalau memang terasa demikian pastilah ada pelor yang telah rusak atau bahkan hancur pada komstir motor sobat. Bongkar saja komstir sobat. Periksa pelor-pelornya dan ganti kalau perlu, banyak toko sparepart yang menjualnya. Beri gemuk dan kemudian pasang pelor dengan hati-hati. Untuk bebek jumlahnya adalah 23 buah di bagian atas dan 29 buah di bagian bawah. Atau kalau sobat meragukan jumlahnya, pasang saja dan agak ditekan sampai tidak ada celah lagi pada alurnya. Sekarang ini sudah banyak yang satu set tinggal pasang saja, jadi agak mudah.

Kalau sobat masih khawatir hanya bisa bongkar saja dan tidak bisa pasang, bawa saja ke bengkel. Tetapi jangan minta dicek komstir atau diperiksa saja. Sobat harus langsung minta ganti pelor komstir. Kalau memang masalah yang sobat rasakan seperti di atas, hampir dapat dipastikan pelor komstirlah masalahnya. Dan mengganti pelor komstir adalah satu-satunya cara mengatasinya.  

12 komentar:

  1. mas kalo ngelepas stang asli motor bebek trus di ganti sama stang trondol(batangan ) itu gimana ya tips sama trik nya

    BalasHapus
  2. suwun infonya mas, moga moga membantu, masalah ane juga sama pada revo abs 2010. di bengkel gk papa, tpi saat kecepatan tinggi dan kena hantaman kecil pada ban tiba tiba nggeleyang kiri kanan dan berat setirnya. sep sep ane coba ganti mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah ganti gmana gan perbedaanya? Scoopy saya jg bgtu

      Hapus
  3. Thanks infonya mas brow ...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mas mau tnya motor saya kan ada kerusakan pada komstir sering mau lari ke kanan saat dibawa pelan atau kencang,trus itu kerusakan nya dikomstir atau di topi mur setting komstir nya yah,yg mesti diganti vario 125...Mohon di balas y kk.

    BalasHapus
  6. Mas saya udah ganti tapi masih tetep gladag gledug apanya ya apa settingannya apa ahocknya bermasalah?

    BalasHapus
  7. Mas saya udah ganti tapi masih tetep gladag gledug apanya ya apa settingannya apa ahocknya bermasalah?

    BalasHapus
  8. Maaf mas. Mau tanya sedikit..
    Kira2 ada tidak komstir motor lain yg cocok dengan komstir miliknya satria hiu.. soalnya di tempat saya susah nyari barang yg aslinya satria.. mksih sebelumnya.

    BalasHapus
  9. makasi infonya gan, sangat membantu.

    BalasHapus