Senin, 04 Juli 2011

MOTOR NGEBUL

Sering melihat motor berasap atau ngebul? Atau barangkali saja motor sobat sendiri yang ngebul. Motor yang ngebul atau mengeluarkan asap dari knalpot menandakan motor bermasalah, baik masalah sepele atau tidak sepele. Kalau masalahnya sepele, motor bisa terus dipakai tanpa konsekuensi apa-apa hanya saja jadi kurang nyaman dipandang (bahasa kerennya tidak eyecatching), saat berhenti di lampu merah sobat seperti sedang membakar sampah sendirian. Kalau kondisinya tidak sepele, motor sebaiknya segera diperbaiki kalau tidak ingin lebih parah.

Ada dua macam ngebul pada motor. Pertama adalah ngebul yang berasap warna hitam, asap dari knalpot kalau diperhatikan warnanya hitam. Ngebul yang ini tidak terlalu gawat and tidak terlalu urgen untuk segera diperbaiki kalau sobat sedang ngirit terutama kalau uang yang ada mau dipakai buat malam mingguan dulu nonton film Kuntilanak Perawan, walau sebetulnya tidak ada kuntilanak yang perawan ( karena kuntilanak kan matinya karena beranak, jadi tidak perawan). Ngebul yang ini disebabkan karburator yang kotor atau knalpot yang udah berkerak. Kalau mau hilang, motor harus diservis, karbu dibongkar, dibersihkan total kalau perlu pakai karbu cleaner. Lalu knalpot mesti dibersihkan.

Kalau sudah diperlakukan demikian ngebul hitam gak mau hilang juga, menandakan bahwa karbu atau knalpot sobat sudah minta diganti dengan yang baru, karena kondisinya sudah terlanjur parah.

Ngebul yang kedua adalah keluarnya asap berwarna putih dari knalpot motor sobat. Ngebul seperti ini harus mendapat perhatian khusus karena artinya komponen daleman (bukan celana daleman) motor sobat sudah aus. Kalau dibiarkan, oli mesin jadi cepat berkurang yang akhirnya bisa merusak keseluruhan mesin.  Komponen yang harus diganti adalah Ring seher dan sohib kentalnya yaitu dinding silinder (harus dikorter). Ada 4 macam tingkatan korter yaitu 25, 50, 75 dan 100.Kalau belum pernah dikorter, pakai ukuran 25, maksudnya 0,25 mm. Jadi sobat memakai ring seher ukuran 25 juga. Agar lebih afdol, ganti juga seal klep, sekalian klepnya di sekir.

Selain sebab alami, ada juga ngebul yang diakibatkan pemakaian knalpot racing yang kurang bagus. Pemakaian knalpot racing yang tidak standar mengharuskan penyetelan karbu yang tidak standar pula kalau tak ingin knalpot nembak seperti koboi. Setelan udara karbu harus dikecilkan, ini mengakibatkan suplai bensin jadi terlalu banyak dan akibatnya asap jadi berwarna hitam dan lama-kelamaan mengerak. Dalam jangka panjang memperpendek umur karbu dan knalpot istri kedua sobat. 

7 komentar:

  1. pak mekanik yth, tanya dong apa tips nya supaya jeroan (piston+silindeR) biar awet ?

    soalnya motor sy baru dioversize 50, pdhl sy mintanya cuma 25, kt montirnya klo over 25 kurang bagus sering gagal, apa betul ?

    yg sy tau klo makin gede diover maka makin jelek soalnya liner makin tipis akibatnya mesin jadi makin panas.. :(

    sy dulu pernah pake gel keramik merk nano energizer, tapi sptnya ga gitu ngaruh..

    trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk oversize, biasanya mekanik melihat ke dinding silindernya, bila goresannya agak dalam biasanya mekanik langsung oversize 50 biar lebih bersih dan hasilnya lebih bagus.

      Menang benar makin besar oversize, maka makin tipis linernya. Oversize itu kan berarti menghaluskan permukaan cylinder (liner) untuk menghilangkan goresan piston. Artinya menipiskan cylinder (liner).

      Supaya lebih awet, gunakan oli yang benar-benar asli, beli di toko sparepart yang terpercaya. Karena oli inilah yang paling sering jadi biang keladi. Untuk menghidupkan mesin, dahului dengan memakai selah beberapa kali dalam keadaan mesin mati, gunanya agar oli naik dahulu ke cylinder. Baru setelah itu hidupkan mesin seperti biasa.

      Untuk produk-produk tambahan seperti itu (nano energizer dsb) saya sendiri kurang percaya dan tidak pernah memakai karena hasilnya diragukan. Dan kalau salah memakai produk malah bisa merusak mesin bukannya marawat mesin.

      Hapus
  2. gan, motor ane mio akhir2 ini ngeluarin asap diknalpot tp g terlalu ky mtor 2 tak pas di cek oli kosong gan pnyebabnya apa yak gan?
    padahal noken as,ring piston set udah dgnti bulan kemaren mohon ptunjuk gan....
    thxxx

    BalasHapus
  3. sob ane ada msalah nie, mtor ane udh oversize maksut ea biar gk ngebul tapi motor ane tetep aja ngebul, apa ada peyebab laen ea????

    BalasHapus
  4. motor ane didibersihin karbunya gan,, tapi masih ngebul hitam.. gmna nih.. mohon pencerahan...

    BalasHapus
  5. gan< motor ane suka ngebul putih kalo udah pake jalan ( mesin udah panas )kalo dingin sih gak ngebul.
    trus kalo pas lagi ngebul, tiba2 mesin jd lebih halus tapi tenaga kurang. kira2 kenapa ya? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. gan semisal di mesin saya suarax halus ane pake cb , seher tiger tapi knalpot saya katax sih kena oli tapi warnax keluar warna putih di knalpot trus cara ngilangin asep putih bagaimana ya

    BalasHapus