Senin, 04 Juli 2011

MOTOR NGEBUL

Sering melihat motor berasap atau ngebul? Atau barangkali saja motor sobat sendiri yang ngebul. Motor yang ngebul atau mengeluarkan asap dari knalpot menandakan motor bermasalah, baik masalah sepele atau tidak sepele. Kalau masalahnya sepele, motor bisa terus dipakai tanpa konsekuensi apa-apa hanya saja jadi kurang nyaman dipandang (bahasa kerennya tidak eyecatching), saat berhenti di lampu merah sobat seperti sedang membakar sampah sendirian. Kalau kondisinya tidak sepele, motor sebaiknya segera diperbaiki kalau tidak ingin lebih parah.

Ada dua macam ngebul pada motor. Pertama adalah ngebul yang berasap warna hitam, asap dari knalpot kalau diperhatikan warnanya hitam. Ngebul yang ini tidak terlalu gawat and tidak terlalu urgen untuk segera diperbaiki kalau sobat sedang ngirit terutama kalau uang yang ada mau dipakai buat malam mingguan dulu nonton film Kuntilanak Perawan, walau sebetulnya tidak ada kuntilanak yang perawan ( karena kuntilanak kan matinya karena beranak, jadi tidak perawan). Ngebul yang ini disebabkan karburator yang kotor atau knalpot yang udah berkerak. Kalau mau hilang, motor harus diservis, karbu dibongkar, dibersihkan total kalau perlu pakai karbu cleaner. Lalu knalpot mesti dibersihkan.

Kalau sudah diperlakukan demikian ngebul hitam gak mau hilang juga, menandakan bahwa karbu atau knalpot sobat sudah minta diganti dengan yang baru, karena kondisinya sudah terlanjur parah.

Ngebul yang kedua adalah keluarnya asap berwarna putih dari knalpot motor sobat. Ngebul seperti ini harus mendapat perhatian khusus karena artinya komponen daleman (bukan celana daleman) motor sobat sudah aus. Kalau dibiarkan, oli mesin jadi cepat berkurang yang akhirnya bisa merusak keseluruhan mesin.  Komponen yang harus diganti adalah Ring seher dan sohib kentalnya yaitu dinding silinder (harus dikorter). Ada 4 macam tingkatan korter yaitu 25, 50, 75 dan 100.Kalau belum pernah dikorter, pakai ukuran 25, maksudnya 0,25 mm. Jadi sobat memakai ring seher ukuran 25 juga. Agar lebih afdol, ganti juga seal klep, sekalian klepnya di sekir.

Selain sebab alami, ada juga ngebul yang diakibatkan pemakaian knalpot racing yang kurang bagus. Pemakaian knalpot racing yang tidak standar mengharuskan penyetelan karbu yang tidak standar pula kalau tak ingin knalpot nembak seperti koboi. Setelan udara karbu harus dikecilkan, ini mengakibatkan suplai bensin jadi terlalu banyak dan akibatnya asap jadi berwarna hitam dan lama-kelamaan mengerak. Dalam jangka panjang memperpendek umur karbu dan knalpot istri kedua sobat. 

54 komentar:

  1. pak mekanik yth, tanya dong apa tips nya supaya jeroan (piston+silindeR) biar awet ?

    soalnya motor sy baru dioversize 50, pdhl sy mintanya cuma 25, kt montirnya klo over 25 kurang bagus sering gagal, apa betul ?

    yg sy tau klo makin gede diover maka makin jelek soalnya liner makin tipis akibatnya mesin jadi makin panas.. :(

    sy dulu pernah pake gel keramik merk nano energizer, tapi sptnya ga gitu ngaruh..

    trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk oversize, biasanya mekanik melihat ke dinding silindernya, bila goresannya agak dalam biasanya mekanik langsung oversize 50 biar lebih bersih dan hasilnya lebih bagus.

      Menang benar makin besar oversize, maka makin tipis linernya. Oversize itu kan berarti menghaluskan permukaan cylinder (liner) untuk menghilangkan goresan piston. Artinya menipiskan cylinder (liner).

      Supaya lebih awet, gunakan oli yang benar-benar asli, beli di toko sparepart yang terpercaya. Karena oli inilah yang paling sering jadi biang keladi. Untuk menghidupkan mesin, dahului dengan memakai selah beberapa kali dalam keadaan mesin mati, gunanya agar oli naik dahulu ke cylinder. Baru setelah itu hidupkan mesin seperti biasa.

      Untuk produk-produk tambahan seperti itu (nano energizer dsb) saya sendiri kurang percaya dan tidak pernah memakai karena hasilnya diragukan. Dan kalau salah memakai produk malah bisa merusak mesin bukannya marawat mesin.

      Hapus
  2. gan, motor ane mio akhir2 ini ngeluarin asap diknalpot tp g terlalu ky mtor 2 tak pas di cek oli kosong gan pnyebabnya apa yak gan?
    padahal noken as,ring piston set udah dgnti bulan kemaren mohon ptunjuk gan....
    thxxx

    BalasHapus
  3. sob ane ada msalah nie, mtor ane udh oversize maksut ea biar gk ngebul tapi motor ane tetep aja ngebul, apa ada peyebab laen ea????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bntu jawab.itu mungkin kotoran oli yg sudah jadi kerak didalam knalpot

      Hapus
  4. motor ane didibersihin karbunya gan,, tapi masih ngebul hitam.. gmna nih.. mohon pencerahan...

    BalasHapus
  5. gan< motor ane suka ngebul putih kalo udah pake jalan ( mesin udah panas )kalo dingin sih gak ngebul.
    trus kalo pas lagi ngebul, tiba2 mesin jd lebih halus tapi tenaga kurang. kira2 kenapa ya? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. sekalian nih pak suhu mau nanya ,
    kenapa ya motor kalo baru di hidupkan ngebul ? tapi kelama lamaan motor ga ngebul lagi ?
    cuma di pertamannya saja kalo dihidupkan keluar dari kenalpot asap putih ,
    kesana sananya tidak ngebul lagi ?
    tolong solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga kayak gtuh pas mesin adem mah keluar asep putih tapi kalo udah panas gad.... tapi kalo d pake geber keluar asap putih

      Hapus
  7. maaf ane mau nanya kenapa motor legenda ane serind bunyi klitik2 tapi kadand suara klitik2nya ilang sendiri,ituh kenapa ya? gimana ya solusinya thanks

    BalasHapus
  8. gan motor q new smash . bore up seher tunder oversize nol. untuk harian biasa,, oli mesin yang pas pakai apa ya gan... minta solusi nya dong.... makasi...

    BalasHapus
  9. motor udah di korter tapi masih ngebul putih ,knapa ya

    BalasHapus
  10. Ass,,
    mau tanya Mas, klo untuk biaya oversize tiger 2007 kira2 brapa ya..
    dengan catatan diganti semuanya dengan spare yg asli. tks untk jawabannya

    BalasHapus
  11. saya mau tau bro knalpot kluar asap tpi klo gas nya gede trus mesin bunyi itu masalah nya ap bro...

    BalasHapus
  12. Mas motor saya habis di lemer sama di skir tapi kok muncul asap ya mas? Kenapa mas? Mohon infonya ato penjelasannya

    BalasHapus
  13. Kalo pada saat baru di nyalain enggak ngebul tapi pas di bawa kira antara jarak 100 meter baru ngebul itu kenapa?

    BalasHapus
  14. Coba bongkar motornua dlu , kalo dinding linernya ke gores berarti harus oversize , ganti seal klep skalian.. Kalo tidak tergores coba ganti ring seher,seal klep,skir klep sama bakar kerak kenlpt

    BalasHapus
  15. bang kalo motor mio keluar asap putih itu harus ganti apanya yaa?pusing ngeliatin digass keluar asap,dilepas gass juga keluar asap,itu solosinya gimana yaaa

    BalasHapus
  16. Slmt mlm, mohon mf ane numpang tanya.
    ane punya motor mx 2009, keluhan ane ketika motor dibawa dlm kecepatan 40km/jam motor tidak mengeluarkan asap. Namun ketika dibawa dlm kecepatan diatas 40km/jam motor ngebul apabila gas kendor dan apabila motor dlm keadaan berhenti di lampu merah.
    itu biasanya penyebabnya apa ??
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Mau nanya nih bang, motor and magic honda vario techno 110cc, motor saya kenapa tarikan awal jadi berat dan kalo buat perjalanan jauh suka ngebul, tapi klo cuma di pake sebentar gk keluar asep, memang motor saya knalpotnya di bobok dan gasnya mbrebet kalo buat ngebut suka meledak ledak... Mohon sarannya apa aja yg musti saya lakukan agar motor saya gk ngebul tarikan awal kuat dan tidak meledak ledak... Thx

    BalasHapus
  18. Pak montir saya mau nanya nich.. Motor saya abis turun mesin, tp jarak 2 bulan ngebul lagi dan oli tekor.. Terus ada yg bilang seal valve nya harus di ganti.. Naah kemaren pagi saya ganti seal valve nya dan sekalian saya ganti oli nya..
    Pertanyaan saya, setelah daleman mesin udah di perbarui semua, tp qok motor saya masih ngebul ya pak, kira2 apanya lagi yg harus diganti?? Mohon info nya pak, trims sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg benerin nya gak bener.
      Karena dinding silinder masih tergores atau terlalu longgar jarak ring sama liner..
      Solusi ganti liner bikin oversize kembali ke 0

      Hapus
  19. Motor saya Supra X 125 2005 abis di oversize 50, tapi setelah di oversize masih tetep ngebul keluar asap putih dari knalpot, kata mekaniknya itu sisa oli setelah pemasangan seher, biasanya setelah semingguan asapnya ilang, apa memang benar demikian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nii bro...
      Btw gw baru turun mesin, nah punya lu bagaimana sekarang? Masih ngebul kagak bro?

      Hapus
  20. min, kenapa ya motor saya baru korter overzise 100 terus naik klep 25 pake shogun terus sampe sekarang masih berasap putih tembal mohon ya tips nya..thankz

    BalasHapus
  21. Bang mekanik mau nanya dong itu motor saya matic baru beli bulan Januari kemaren baru 2x servis nah pas di nyalain abis itu lgsung di gas geber geber itu ngebul dari knalpot nya itu knp ya?

    BalasHapus
  22. Bang saya mau tanya nih ?
    Saya kan punya motor vega r thun 2005 .
    Begini bang masalahnya & sampe membuat saya kepikiran sampe skrang.

    Kan sbelumnya motor vega r saya pake knalpot racing yaah , truss saya ganti bang pake knalpot jupiter , masa tbtb pas saya ganti pake knalpot jupiter tbtb pas saya bawa kencang keluar asap sih bang .
    Apaa karena masalahnya dari knalpot ? Soalnya knalpot jupiter saya gak pernah saya pake selama 1 tahun 8 bulan

    BalasHapus
  23. Min mau tnya nih ini motor byson baru ganti blok ama piston botol klep udah ganti,seal klep udah ganti tpi kok masih ngasep ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bagaimana bro... Apa masih ngasep...?

      Hapus
    2. Punyaku juga gitu.... udah oversize udah ganti seal klep masih ngebul putih.... banyak lagi asepnya.... prediksi tukang kolterny, ngolternya ngga bagus.... rencana beli blok kit biar yg imitasi

      Hapus
  24. Boski motor sya uda di korter 75 tapi di putaran atad terasa berat knpa ya?.
    Butu solusi nya bos

    BalasHapus
  25. gan gk mw tanya nih, sebenernya motor sya gk apa apa, dan sya gk mw tanya apa apa, soalnya klo nanya juga percuma gk dijawab jawab kya yg lainnya, jdi gimana dong solusinya?

    BalasHapus
  26. Mas tanya...megapro primus saya...kalo d stut gas besar kluar asap ..tapi lama2 ilang lagi asapnya...pkoknya kalo d buat kenceng keluar asap...kalo jaln agk santai ilang asapny

    BalasHapus
  27. Zaman skrg, utk perawatan boring/piston, cukup pake Ceramic Metal. Kalo di Indonesia, produk yg paling bagus ya XADO.co.id made in Ukraine. Bisa nambal aus/baret di piston/boring. Tapi kalo yg kena ring seher, ya tetap ga bias. Sudah pernah nyoba, bahkan yg sdh berasap putih bias berkurang/sembuh. Nama toko online: xado indonesia

    BalasHapus
  28. motor saya ngebul putih wktu musin mulai anget bang, tpi klo udah panas ngilang asepnya kira² dmna bang masalahnya.
    terimakasih

    BalasHapus
  29. Pantes ,udh corter ,ganti seal klep tetep ngebul emang iyah sih knalpot ane udh jelek ,karbu jg udh lama gx di servis krn emx udh jarang di pake
    Kalo motor lama gx di pake bisa ngebul jg gx ya ? Soalnya setelah turun mesin ane males bawanya ,jadi pas ane panasin (1 bulanan stlh tidak di pake) tau" ngebul pas awal nyalain kalo udh di geber asapnya berkurang ,tapi besoknya kaya gitu lagi knalpot jg gx ngeluarin oli

    BalasHapus
  30. boss , kok motor saya pas udah panas kali keluar asap ngebul di knalpot saat tidak di gas , kalau emang dibagian pistonnya kenak ? otomatis busi nya ber oli kan bos , sedangkang busi hitam bos tanpa ber oli, tapi sblumnya motor saya sudah naik forsis bos ,apa penyebabnya bos , dan knalpot tidsk mengeluatkan oli bos ,tetap kering bos

    BalasHapus
  31. waktuu disaat panas ajaa bos , kalau masih uda sangat panas , keluar asap ngebul bos , tanpa di gas bos,kalau emag piston yang kenak bos ? otomatis oli berdempet di busi kanbos ? ndak di knalpot mengeluarkan asap

    BalasHapus
  32. boss mau nanya ni .. motor ane kemarin2 ngebul item terus ane bersihin setelah 2 hari ko malah jadi ngebul putih .. kira2 apa nya y ... klo g d gas kenceng g ngebul cuma kalo sedikirlt di geber trus ngebul tenaga juga tersa nahan di putaran atas . kohon pencerahan nya gan . txz

    BalasHapus
  33. Bang motor saya udah oversize oli baru sebelum nya kering tinggal satu tetes setrlah ganti ko berasap putih terus minta solusi nya supaya ga turun mesin terima kasih min

    BalasHapus
  34. Mohon maaf pak , saya mau tanya, knalpot motor sy berasap putih sedangkan blok dn ring sher sudah diganti
    Kira kira itu masalahnya dimana yh??
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. Pak mekanik saya sudah menurunkan mesin dan menggantinya karna ada suara kletrek dimesin dan ngebul terus setelah diperbaiki suara mesin bagus tapi masih ngebul dan mein suka mati apa penyebabnya..? Terimakasih

    BalasHapus
  36. Tapi kalau masalahnya motor ngebul pas digeber, itu apa ya penyebabnya ?

    BalasHapus
  37. Motor saya abis ganti seher. Kok malah kluar as ap putih. Kata bengkel nya itu sisa oli di knalpot. Nanti jg ilang. Gmn tu gan

    BalasHapus
  38. Motor saya abis ganti seher. Kok malah kluar as ap putih. Kata bengkel nya itu sisa oli di knalpot. Nanti jg ilang. Gmn tu gan

    BalasHapus
  39. Gan mau tanya nih,, motor ane jupiter mx 2012 baru ganti ring piston baru sbulan udah ngebul lagi,,, kira" apanya yaaa????

    BalasHapus
  40. Gan mau tanya nih,, motor ane jupiter mx 2012 baru ganti ring piston baru sbulan udah ngebul lagi,,, kira" apanya yaaa????

    BalasHapus
  41. Gan mau tanya nih,, motor ane jupiter mx 2012 baru ganti ring piston baru sbulan udah ngebul lagi,,, kira" apanya yaaa????

    BalasHapus
  42. Gan mau nanya saya habis ganti comstir motor cina model yupiter stelaeh dipasang kok seret ya gan malau di kendorin dikit aja oblak di kencengi seret itu kira2 masalhnya apa ya gan

    BalasHapus
  43. Mlm pak..sy mau minta solusinya...motor karisma sy sdh diperbaiki /turun meain jabis biyaya gede...tp kok udh 3 hr ini masih aj ngebul bnyk asap putihnya

    BalasHapus