Minggu, 14 November 2010

PERHATIKAN BAN

Jangan lupa perhatikan juga ban motor kesayangan kita. Perhatikan tekanan anginnya. Tekanan angin yang terlalu kecil mengakibatkan terlalu banyak bagian yang bergesek dengan jalan raya ketika motor dikendarai. Motor akan menjadi berat ketika berjalan. Sebaliknya tekanan angin yang terlalu besar akan memakan bearing (klaher)  roda belakang motor kita. Selain itu juga shockbreaker belakang akan cepat aus karena menanggung beban yang terlalu besar.

Ukuran tekanan angin standar adalah 28 sampai 29 psi untuk roda depan. Untuk roda belakang adalah 32 sampai 33 psi. Tidak masalah apakah untuk berboncengan atau sendirian, tekanan angin tetap sama. Di bengkel resmi biasanya tekanan angin diperiksa dan distandarkan saat selesai diservice tanpa diminta, kecuali bila pemilik tidak menginginkannya.

Pada saat sobat memasang ban, perhatikan tanda arah ban tersebut. Arahnya harus sesuai putaran ban. Perhatikan juga keausan ban. Kalau kita perhatikan pada tapak ban ada tanda berupa segitiga. Perhatikan alur yang ditunjukan tanda ini harus masih jelas dan tidak botak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar