Sabtu, 13 November 2010

MENGENAL MOTOR KESAYANGAN KITA LEBIH BAIK

Buat sebagian besar orang Indonesia, rakyat kebanyakan--seperti kita inilah, motor adalah teman penting kita sehari-hari. Teman yang bahkan terkadang lebih penting dari sohib akrab sekalipun. Kebanyakan kita tidak cukup kaya untuk membeli mobil, dan terlalu mahal kalau harus ngongkos tiap hari.

Kesibukan kita kadang menyebabkan kita tidak terlalu kenal dengan apa yang kita naiki tiap hari. Padahal boleh jadi itu adalah hal yang penting. Kadang kita tidak sadar bahwa hal itu penting sampai kita dalam kesulitan dan membutuhkannya.

Ketika  motor kita mogok misalnya. Kita harus tahu dimana letak busi, bagaimana cara membukanya yang aman. Ketika service di bengkel, lihatlah atau tanyalah kepada mekanik yang mengerjakan. Sebagian besar motor mogok terutama disebabkan oleh busi yang mati. Ketika motor kita mogok, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuka busi. Bukalah busi dengan hati-hati, jangan sampai merusak dratnya, perlahan-lahan saja. Ganti dengan busi baru, atau busi bekas yang masih hidup. Itulah mengapa kita harus selalu membawa busi cadangan, jangan pergi tanpa busi cadangan.

Lalu cek kompresinya, dengan cara menutup lubang busi dengan jari, lalu disela sampai berbunyi nyaring. Dalam kasus motor matic mungkin sulit untuk melakukannya karena letak lubang busi terlalu tersembunyi. Tidak apa-apa. Langsung pasang saja lagi businya ke lubangnya. Coba nyalakan motor anda seperti  biasa.

Kalau belum  bisa, buka lagi businya. Masukkan sedikit oli ke dalam lubang busi di mesin. Caranya? Cari tukang teh botol (bukan iklan) terdekat. Minum teh botol saja dulu. Nikmati istirahat anda. Setelah istirahat sejenak, kembalikan botol dan bayar. Eeiit. Tetapi ambil sedotannya. Buka tutup oli, yaitu tempat kita menuang oli ke dalam mesin saat ganti oli. Masukkan sedotan ke lubang oli, tutup lubang sedotan dengan jari, lalu angkat. Masukkan sedotan yang telah berisi oli ke dalam lubang busi, lepas jari dari lubang sedotan. Lakukan 3 atau 4 kali. Kemudian motor disela beberapa kali.

Pasang kembali busi pada tempatnya. Hidupkan motor. Kalau masalah anda cuma busi dan kehilangan kompressi. Motor akan hidup. Sebagian besar kasus mogok disebabkan hanya karena hal itu.

Jadi apa yang perlu sahabat ingat adalah:
1. Bawalah selalu busi cadangan.
2. Untuk membuat motor hidup diperlukan 3 hal yaitu kompressi, percikan api dan aliran bensin.


Demikian sedikit ilmu yang ingin saya sharing dengan sahabat. Ilmu yang tidak seberapa tetapi mudah-mudahan berguna buat sobat semuannya.

2 komentar:

  1. Motor saya kalo dingin susah amit amit, tapi enggak perlu dingin jugak mesin berhenti 1 jam suhu udara 32 aja udah susah idup. Nglitik juga sih kalo nglitik apanya master?

    BalasHapus