Senin, 18 April 2011

MENGATASI SHOCKBREAKER DEPAN BUNYI

Kalau sobat merasakan shok depan motor kesayangan sobat bunyi saat melindas lobang (atau lubang?) ah, bodo amat, yang penting jalan gak rata aja. Kalau mengalami yang demikian itu artinya shok depan motor sobat terlalu lemah. Biasa terjadi di motor Beat dan Supra 125. Sebenarnya hal ini gampang diatasi.

Hal semacam ini terjadi karena memang motor-motor tersebut dirancang untuk melibas jalan di Indonesia yang memang kebanyakan tidak rata, agar motor terasa senyaman mungkin, sehingga volume oli shok memang agak kurang. Tetapi seringkali hal ini malah membuat kita kurang nyaman. Setiap kali melibas lubang, walau tidak dalam bahkan jalan tidak rata sekalipun, shok berbunyi klok-klok yang cukup keras sehingga mengganggu telinga.

Untuk mengatasinya, oli shok harus ditambahkan masing-masing 10 cc dari volume aslinya yang 76 ml untuk Beat dan 72 ml untuk Supra 125 jenis apapun. Gunakan oli shok aslinya. Untuk mudahnya, bawa saja ke bengkel, minta ditambahkan  oli shoknya. Beres.

Kalau ingin mengerjakan sendiri sebetulnya agak repot. Begini. Buka shok depan dari motornya. Kalau sudah dilepas, buka penutup shok yang terletak di bagian atas. Kemudian tekan bagian dalam shok (seat b, spring) memakai obeng kembang besar, lalu congkel ring kecil (stopper) di dalamnya. Setelah ring terlepas, penutupnya (seat b, spring) akan terlepas. Hati-hati mengerjakanya karena bisa terlontar kalau tidak ditahan. Setelah itu tambahkan 10 cc oli shok standar. Kalau ingin mengganti olinya sekalian, buang saja oli lamanya, kemudian masukkan oli shok baru sebanyak 76 ml + 10 cc untuk Beat, atau 72 ml + 10 cc untuk supra 125. Jangan lebih karena dapat menyebabkan shok terlalu keras. Setelah beres, ulangi untuk shok yang sebelah lagi.

Tools yang diperlukan antara lain Obeng kembang besar, obeng min kecil (obeng seting gas), kunci ring 19, kunci ring 14, kunci sok 8.

Nah, semoga permasalahan sobat terselesaikan. Minimal sobat sekarang mengerti sebabnya, tak lagi gampang dibohongi mekanik dengan kerusakan ini itu.

8 komentar:

  1. Suda ganti per dan oli shock tapi masi saja tidak dapat redamanya

    BalasHapus
  2. lebih bagus sih came stir per dan minyak nya baru semua

    BalasHapus
  3. mtr saya beat fi klo kena polisi tdr suka bunyi jedug padahal udh d tambahin olinya juga sil nya juga selalu bocor trus padahal sudah d ganti

    BalasHapus
  4. Kl gx mau mudah bocor,,ganti seal n ganti oli mesin tp takarannya sekitar 65 mm,,kl mentok bunyi jeduk,ganyi suling yg lubangnya kecil bagian atas n pakai oli mesin tp di kurangi jd 60 mm,,coba deehh psti berhasil

    BalasHapus
  5. Lebih parah lgi cbr gue baru beli pemakaiyan 1 bulan sok depan buyi berdecit kalo kena lubanh sok ambles langsung mengunci cadiya miring2 itu apaya ya pak bos

    BalasHapus
  6. Kalo di jalan ga rata bunyinya ngik ngik ngilanginnya gimana ya? Udah dibawa ke bengkel biasa,bengkel resmi tetep aja masih ada

    BalasHapus